Kegiatan Di Sekolah Selama Satu Minggu

Kegiatan Di Sekolah Selama Satu Minggu

Nama saya Entin Sutinah, saya mengajar di SDN Tajurhalang 01, berikut ini saya akan memaparkan kegiatan saya di sekolah selama satu minggu.

1. Hari Senin
Setiap hari senin, sisw-siswi SDN Tajurhalang 01 harus datang lebih pagi karena akan diadakan kegiatan rutin yaitu upacara kenaikan bendera. Di SDN Tajurhalang 01 yang menjadi petugas upacara biasanya bergiliran mulai dari kelas IV sampai kelas VI. Dan pada hari ini yang mendapat giliran menjadi petugas upacara adalah kelas VI. Upacara berjalan dengan lancar dan khidmat.
Setelah selesai upacara, siswa-siswi masuk ke kelas masing-masing . sebelum masuk kelas siswa-siswi disuruh berbaris di depan kelas dan setiap hari senin selalu diadakan pemeriksaan kerapihan dan kebersihan.
Saya mengajar di kelas IV, jumlah murid di kelas IV ada 47 orang, pada hari ini jadwal pelajaran kelas IV adalah Matematika, Bahasa Indonesia dan IPS.
Sebelum kegiatan belajar mengajar di mulai siswa-siswi kelas IV berdo’a terlebih dahulu, pada jam pertama belajar matematika tentang bilangan pecahan dengan memakai alat peraga berupa gambar-gambar, siswa-siswi kelas IV dapat memahami konsep pecahan dengan mudah. Setelah itu dilanjutkan dengan belajar Bahasa Indonesia tentang menggunakan kata Tanya. Peserta didik kelas IV diminta untuk melengkapi kalimat dengan menggunakan kata Tanya siapa, dimana, darimana, dan bagaimana. Setelah selesai belajar Bahasa Indonesia dilanjutkan dengan belajar IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial), siswa-siswi kelas IV diminta untuk menjawab soal-soal pada evaluasi Bab 8 tentang koperasi dan kesejahteraan rakyat, setelah selesai dikerjakan lalu membahas jawaban soal secara bersama-sama dan saya memberikan penilaian terhadap hasil jawaban siswa, kegiatan belajar mengajar pada hari ini berakhir pada pukul 11-30 dan diakhiri dengan membaca do’a.

2. Hari Selasa
Pukul 07.30 bel berbunyi, siswa-siswi kelas IV segera berbaris di depan kelas, dengan dipimpin oleh ketua kelas, mereka masuk ke kelas dengan tertib. Jadwal pelajaran hari ini yaitu IPA, Matematika, dan Bahasa Indonesia.
Pada pelajaran IPA hari ini akan belajar tentang energi dan perubahannya, kegiatan belajar mengajar dimulai dengan menjelaskan pengertian energi, lalu dilanjutkan dengan melakukan tanya jawab tentang sumber energi panas.
Kemudian melakukan percobaan sederhana tentang perpindahan energi panas, setelah itu mendiskusikan soal-soal yang berkaitan dengan energi panas.
Pada jam kedua diisi dengan pelajarn Matematika tentang pecahan senilai. Siswa-siswi kelas IV diajarkan mencari pecahan senilai dengan memakai garis bilangan. Untuk pelajaran Bahasa Indonesia, siswa-siswi kelas IV diajarkan cara mengisi kuitansi sesuai dengan data tersedia. Kegiatan belajar mengajar diakhiri dengan menyimpulkan hasil pembelajaran dan membaca do’a bersama-sama.

3. Hari Rabu
Pada hari Rabu kegiatan belajar mengajar dimulai dengan belajar PKn tentang hal-hal yang berkaitan dengan Mahkamah Agung seperti susunan dan kedudukan MA. Fungsi dan wewenang MA dan sebagainya.
Setelah itu dilanjutkan dengan belajar IPS melakukan tanya jawab tentang teknologi dan mendiskusikan contoh-contoh teknologi produksi.
Pada jam pelajaran terakhir diisi dengan membuat roket mainan dari bahan kertas setelah roket mainan tersebut selesai di buat, saya memberikan penilaian terhadap hasil karya siswa, kemudian siswa kelas IV mencoba hasil roket mainannya dengan cara lomba adu kecepatan. Roket yang mendaratnya paling jauh mendapatkan nilai paling besar. Roket yang sudah dibuat siswa dipajangkan di kelas. Kegiatan belajar mengajar berakhir pada pukul 11.45 dan diakhiri dengan membaca do’a.

4. Hari Kamis
Pada Hari kamis, kegiatan belajar mengajar dimulai dengan ulangan harian IPA Bab 7 dan bab 8. siswa-siswi kelas IV mengerjakan soal sebanyak 30 soal pilihan ganda, setelah selesai menjawab soal-soal tersebut lalu membahas jawabannya bersama-sama dan saya memberikan penilaian terhadap hasil jawaban siswa.
Selain belajar IPA, siswa-siswi kelas IV juga belajar bahasa Indonesia, saya mengajarkan cara membuat pantun dan cara membacakan sebuah pantun.
Siswa-siswi kelas 4 belajar membuat pantun dan memperagakan cara membaca sebuah pantun di depan kelas.
Jam pelajaran terakhir adalah pelajaran bahasa Sunda. Pelajaran Bahasa Sunda diajarkan oleh guru lain agar siswa-siswi tidak jenuh dan bosan. Pada saat guru lain mengajar di kelas 4, saya mengisi waktu luang dengan mempersiapkan materi untuk les, karena setiap hari kamis setelah pulang sekolah, saya mendapat giliran untuk memberikan les Bahasa Indonesia di kelas VI.

5. Hari Jum’at
Pukul 07.30 bel sudah berbunyi, siswa-siswi kelas 4 segera berbaris di depan kelas, setelah berdo’a dilanjutkan dengan membaca Asmaul Husna dan surat-surat pendek yang merupakan kegiatan rutin di SDN Tajurhalang 01 dan dibaca setiap hari jum’at.
Pada hari ini jadwal pelajaran di kelas 4 yaitu adalah pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Inggris. Pada pelajaran Agama Islam hari ini akan diisi dengan ulangan harian Bab 9, 10 dan bab 11 sebanyak 30 soal pilihan. Setelah selesai, saya bersama siswa membahas jawaban ulangan secara barsama-sama dan memberikan penilaian terhadap hasil jawaban siswa.
Pada jam pelajaran kedua di isi dengan pelajaran Bahasa inggris siswa-siswi kelas 4 belaar tentang preposition (kata depan). sebelum mengerjakan latihan soal, siswa diminta untuk menghafal beberapa preposition dalam bahasa inggris beserta artinya. Setelah itu, saya mengadakan tes lisan. Bagi anak yang belum hafal di beri tugas untuk menghafal kembali di rumah.
Setelah berdo’a bersama-sama, kegiatan belajar mengajar diakhiri dengan tanya jawab tentang preposition, siswa-siswi yang bisa menjawab di perbolehkan untuk pulang.

6. Hari Sabtu
Pada hari sabtu, kegiatan belajar mengajar sedikit berbeda dengan hari-hari biasanya. Kegiatan belajar mengajar di mulai dengan berolahraga bersama berupa senam. Biasanya semua siswa berkumpul di lapangan dan ikut senam bersama.
Kegiatan belajar mengajar di hari sabtu hanya diisi dengan pelajaran penjaskes dan olahraga serta seni budaya dan kesenian. Bagi siswa yang ikut kegiatan ekskul biasanya latihannya dilakukan setelah pulang sekolah.
Pada hari ini, siswa kelas 4 belajar tentang lagu daerah, siswa diajarkan lagu daerah dengan memakai syair lagu dan not angka, setelah memahami irama lagunya, siswa menghafal syair lagunya, lalu saya mengadakan tes lisan. Siswa yang dapat menyanyikan lagu tersebut dengan baik dan benar akan diberi nilai paling besar, setelah semua siswa menunjukan kemampuannya bernyanyi, kegiatan belajar mengajar diakhiri dengan membaca do’a.
Itulah kegiatan saya selama satu minggu di sekolah. Mudah-mudahan apa yang sudah saya lakukan bisa memberikan manfaat bagi orang lain.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s